Kamis, 28 November 2013

Cinta Budaya Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Supermodel asal Amerika Serikat, Tyra Banks, berada di Indonesia. Penggagas acara ajang pencari bakat di bidang modeling ini memilih Bali sebagai lokasi untuk melakukan pemotretan bagi para finalis America's Next Top Model (ANTM) cycle 20 untuk episode 12. (YouTube: Tyra Banks in Bali)

Dilansir dari YouTube, Tyra mengunggah videonya pada 18 Oktober 2013. Keluar dari mobil hitam yang membawanya, Tyra langsung menyapa. Ia mengenakan baju potongan kemben dengan rambut yang dikepang dan dikumpulkan di atas kepalanya.

"Halo, kita sekarang ada di Bali, di sini panas dan rambut saya buat seperti ini," kata Banks tertawa.

Banks memilih baju untuk finalis ANTM berwarna hijau karena terinspirasi dari pemandangan Bali yang serbahijau. "Ketika saya berjalan dan melihat keluar dari jendela mobil, saya melihat di mana-mana serbahijau yang melambai ditiup angin. Semuanya serba-indah dan terasa damai," katanya.

Banks mengaku juga menyukai makanan khas Indonesia. "Aku suka dengan nasi goreng, yah aku suka makanan itu," katanya.

Lalu Banks mengenalkan desainer bernama Oka yang membantunya mengenakan dress bermotif batik Bali berwarna merah. "Ini Oka, desainer asal Indonesia. Boleh, kan, saya memakainya di run away," kata Banks ke arah Oka. Oka tertawa sambil mengangguk.

Ketika akan masuk ke dalam mobil, Banks telah mengenakan baju batik tersebut dan pamit kepada pemirsa. Dia juga berbahasa Indonesia. "Selamat siang, terima kasih. Itu artinya thank you. Oke, saya ucapkan terima kasih, itu yang akan terus diingat," kata Banks tertawa.

Analisis:

Alasan saya memilih artikel ini adalah . agar setiap orang di Indonesia bangga dengan budaya dan negaranya. Seperti yang saya lihat di televisi, mereka menggunakan batik untuk sesi pemotretan mereka, dan itu terlihat sangat indah. Namun saat ini kita justru malu mengenakan batik dan melihat fashion-fashion yang ada di luar Indonesia. Mengapa kita melihat keluar, sedangkan negara lain mengagumi budaya kita? Bukan hanya batik, namun seluruh budaya Indonesia harus kita lestarikan dan cintai. Mungkin hanya dari hal kecil seperti menulis blog ini, kita bisa mengekspresikan bahwa Indonesia adalah negara yang begitu indah. Sadari bahwa produk dalam negri kita memiliki kualitas yang baik juga, terkadang sudah ada mindset dalam pikiran kita bahwa apapun yang Indonesia miliki itu buruk. Ternyata tidak kan? Ternyata banyak orang yang justru bangga, namun kita pemiliknya tidak mengerti apa-apa. Mari kita jadi pemilik budaya Indonesia yang seutuhnya, karena budaya kita tentunya kaya dan indah dan patut dicintai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar